Langsung ke konten utama

PETA PIKIRAN


Pernahkah Anda mendengar istilah Mind Map atau peta pikiran? Di masa kini, Mind Map menjadi salah satu metode krusial yang perlu dikuasai oleh seseorang untuk membantu menyelesaikan problem hidupnya. Sebenarnya mind map ini tidak menyelesaikan problem secara langsung; ia membantu kita memetakan suatu ide yang awalnya kompleks, sehingga terurai dan lebih mudah dipelajari sedikit demi sedikit.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Mind Map, ada sedikit hal yang perlu Anda ketahui. Otak kita secara fisikal terbagi menjadi dua hemisfer, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain. Otak kiri berkaitan dengan fungsi kerja seperti kebahasaan, numerik, analisis, logis, organisasi, matematika, dan lain-lain. Sementara, otak kanan terhubung dengan aktivitas semacam kreativitas, konseptual, seni, dan lain sebagainya.
Untuk menyerap materi secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Yang pertama adalah pemahaman konsep tentang materi tersebut. Memahami secara konsep dan maknawi jauh lebih penting dibandingkan sekadar menghafal definisi.
Yang kedua adalah memahami materi menggunakan kedua belah otak. Artinya, baik logika maupun imajinasi berjalan beriringan. Urutan dan abstrak berjalan bersama. Warna dan angka dimanfaatkan bersama-sama. Inilah kelak yang kemudian membuat materi terserap dengan baik.
Nah, kedua hal ini, memahami konsep dan pemanfaatan kedua belah otak, adalah jalan bagaimana mind map mampu membuat siswa lebih paham materi yang  diajarkan. Sistem Mind Map dapat menyelaraskan kedua proses belajar dengan cara kerja otak.
Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
  1. Menggunakan kedua belah otak bersamaan
  2. Memahami konsep
  3. Menggunakan fungsi otak secara alamiah
Manfaat Mind Map
Manfaat Mind Map ada banyak. Dalam hal pelajaran, mind map memiliki benefit sebagai berikut:
a.     Meringkas
  1. Mereview
  2. Menulis intisari materi
  3. Pemetaan bahan ajar
  4. Pemetaan progres penelitian
  5. Membantu mengelola progres belajar dari waktu ke waktu
  6. Memecah materi yang rumit menjadi lebih simple dan lain-lain
  7. Membantu melihat konsep materi secara menyeluruh dengan jelas
  8. Dapat melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain
  9. Mengelompokkan informasi
  10. Menarik perhatian dan tidak membosankan
  11. Proses membuatnya menyenangkan
  12. Mudah dipahami karena memiliki petunjuk-petunjuk visual

Pembuatan Mind Map

Untuk membuat Mind Map, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
a.     Kertas
b.     Pensil warna atau spidol
c.     Imajinasi
d.     Bahan ajar sebagai referensi
Elemen-elemen dalam Mind Map
Yang pertama adalah gagasan utama. Dalam hal ini, gagasan utama adalah judul besar. Katakanlah Anda sedang membuat mind map untuk sebuah bab dalam mata pelajaran. Maka gagasan utama dalam mind map ini adalah judul bab tersebut.
Yang kedua adalah cabang utama. Layaknya sebuah pohon besar dengan beberapa dahan besar, yang kemudian menjadi cabang dan ranting kecil. Cabang utama adalah cabang yang memancar dari gagasan utama. Dalam hal ini, cabang utama adalah subbab.
Yang ketiga adalah cabang, yang memancar dari subbab. Dalam hal ini, cabang adalah materi-materi dalam subbab tersebut. Setiap materi tentu memiliki kata kunci yang menjadi inti. Nah, dari materi tersebut, tulislah kata kunci yang paling menggambarkan. Berikutnya adalah ilustrasi. Ilustrasi ini tidak perlu terlalu banyak,  di antara sekian banyak materi tersebut, materi mana yang paling sulit di ingat. Pada materi-materi tersulit, tambahkan gambar. Ini agar anda dapat lebih mudah mengingat.
Gambar tidak perlu selalu terkait materi. Anda juga bisa menempelkan gambar yang disukai. Demikian juga dengan pewarnaan. Anda disarankan membuat warna bervariasi untuk tiap cabang besar, namun apabila tidak memiliki alat tulis berbagai warna, tidak masalah.

Cara Membuat Mind Map

1.     Pertama, ambillah kertas dan sebuah alat tulis. Pena, spidol, pensil, terserah Anda. Di bagian tengah, tulislah gagasan utama untuk mind map tersebut.
2.     Setelahnya, gambar beberapa cabang utama yang memancar dari gagasan utama. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk masing-masing cabang. Cabang, dalam contoh ini adalah subbab. Namun jika mind map ini tidak dibuat berdasarkan satu bab besar tidak masalah. Anda bisa menyesuaikan sesuka Anda.
3.     Dalam membuat Mind Map, Anda bisa membuat jumlah cabang sebanyak yang Anda suka, namun usahakan jumlah cabang ini tidak membingungkan siswa.
4.     Pada setiap cabang, tulislah kata kunci yang muncul di benak ketika Anda berpikir tentang materi tersebut. Kata kunci ini sebaiknya disepakati bersama dengan siswa Anda, sehingga siswa mengerti maksud di balik kata kunci tersebut.
5.     Tambahkan ilustrasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut, sehingga siswa lebih paham. Gambar ini juga bisa berupa contoh, diagram, dan lain sebagainya, sesuka Anda.
Nah, demikianlah sebuah trik yang membantu anda lebih mudah memahami materi pelajaran.  Dalam proses pembuatan mind map ini.

Komentar

  1. Otak kita secara fisikal terbagi menjadi dua hemisfer, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain. Otak kiri berkaitan dengan fungsi kerja

    seperti kebahasaan, numerik, analisis, logis, organisasi, matematika, dan lain-lain. Sementara, otak kanan terhubung dengan aktivitas semacam kreativitas, konseptual, seni, dan lain
    sebagainya.

    Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
    Menggunakan kedua belah otak bersamaan
    Memahami konsep
    Menggunakan fungsi otak secara alamiah
    Manfaat Mind Map
    Manfaat Mind Map ada banyak. Dalam hal pelajaran, mind map memiliki benefit sebagai berikut:
    a. Meringkas
    Mereview
    Menulis intisari materi
    Pemetaan bahan ajar
    Pemetaan progres penelitian
    Membantu mengelola progres belajar dari waktu ke waktu
    Memecah materi yang rumit menjadi lebih simple dan lain-lain
    Membantu melihat konsep materi secara menyeluruh dengan jelas
    Dapat melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain
    Mengelompokkan informasi
    Menarik perhatian dan tidak membosankan
    Proses membuatnya menyenangkan
    Mudah dipahami karena memiliki petunjuk-petunjuk visual.

    Elemen-elemen dalam Mind Map:
    -Yang pertama adalah gagasan utama
    -Yang kedua adalah cabang utama
    -Yang ketiga adalah cabang, yang memancar dari subbab

    BalasHapus
  2. Saya dpt mengerti dengan apa itu mind map
    Mind Map adalah
    Pemetaan Pikiran adalah yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.
    Mengetahu manfaat Mind map,pembuatan Mind map,elemen elemen dalam Mind map, dan cara membuat Mind map

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dpt mengerti dengan apa itu mind map
      Mind Map adalah
      Pemetaan Pikiran adalah yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.

      Hapus
  3. Saya bisa menyimpulkan bahwa mind map dapat dipergunakan untuk mempermudah konsep sulit dalam pembelajaran

    BalasHapus
  4. Blog ini menjelaskan tentang metode untuk belajar atau menyelesaikan masalah menjadi rinci namun dengan bahasa yang mudah. Penjelasan mengenai pengertian metode mind map, apa saja yang tergolong dalam pembuatan mind map, sampai cara membuatnya dijelaskan dengan baik dan jelas, sehingga mudah dipahami dan diterapkan/diaplikasikan. Blog ini sangat bermanfaat bagi saya dan siswa/i lainnya supaya materi pembelajaran lebih mudah diingat dan dipahami.

    Nabila Armidianti Nasywa (X MIA 1)
    Absen 17

    BalasHapus
  5. Muhammad Dwi Akbar Aditya Pradana X MIA 1 absen 13

    BalasHapus
  6. Blog ini membuat Kita lebih mudah Dalam belajar dan efisien Dalam pengunaan materi belajar daring

    BalasHapus
  7. Saya menyimpulkan bahwa isi dari blog ini adalah Menjelaskan tentang mind map dan menjelaskan cara kerja otak. Otak kita secara fisikal terbagi menjadi dua hemisfer, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain. Otak kiri berkaitan dengan fungsi kerja seperti kebahasaan, numerik, analisis, logis, organisasi, matematika, dan lain-lain. Sementara, otak kanan terhubung dengan aktivitas semacam kreativitas, konseptual, seni, dan lain sebagainya.

    Untuk menyerap materi secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
    -Yang pertama adalah pemahaman konsep tentang materi tersebut.
    -Yang kedua adalah memahami materi menggunakan kedua belah otak.
    Sistem Mind Map dapat menyelaraskan kedua proses belajar dengan cara kerja otak.

    Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
    Menggunakan kedua belah otak bersamaan
    Memahami konsep
    Menggunakan fungsi otak secara alamiah
    Manfaat Mind Map
    Manfaat Mind Map ada banyak. Dalam hal pelajaran, mind map memiliki benefit sebagai berikut:
    a. Meringkas
    Mereview
    Menulis intisari materi
    Pemetaan bahan ajar
    Pemetaan progres penelitian
    Membantu mengelola progres belajar dari waktu ke waktu
    Memecah materi yang rumit menjadi lebih simple dan lain-lain
    Membantu melihat konsep materi secara menyeluruh dengan jelas
    Dapat melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain
    Mengelompokkan informasi
    Menarik perhatian dan tidak membosankan
    Proses membuatnya menyenangkan
    Mudah dipahami karena memiliki petunjuk-petunjuk visual

    Elemen-elemen dalam Mind Map:
    -Yang pertama adalah gagasan utama
    -Yang kedua adalah cabang utama
    -Yang ketiga adalah cabang, yang memancar dari subbab.

    Mutiara X MIA 1 absen 15

    BalasHapus
  8. Mind Map adalah
    Pemetaan Pikiran adalah yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.
    Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
    Menggunakan kedua belah otak bersamaan
    Memahami konsep
    Menggunakan fungsi otak secara alamiah
    Manfaat Mind Map
    Manfaat Mind Map ada banyak. Dalam hal pelajaran, mind map memiliki benefit sebagai berikut:
    a. Meringkas
    Mereview
    Menulis intisari materi
    Pemetaan bahan ajar
    Pemetaan progres penelitian
    Membantu mengelola progres belajar dari waktu ke waktu
    Memecah materi yang rumit menjadi lebih simple dan lain-lain.
    Karyati X MIPA 3
    No absen 13

    BalasHapus
  9. Terima kasih Bu.., informasi nya sangat bermanfaat šŸ™

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mari Bersahabat Dengan Pohon (Oleh:M.Aji Munandar)

Semua orang pasti tahu apa arti penting pohon bagi dunia dan kehidupan kita, akan tetapi berapa banyak orang yang sadar apa sih sebenarnya pohon bagi kehidupan kita ? member oksigen, mencegah banjir, mencegah longsor dan sebagainya… itu di dalam percakapan debat kita… tetapi faktanya ? saat semua tahu bahwa pohon itu member oksigen pada kita, masih banyak juga yang menebangnya, kita semua tahu bahwa pohon itu dapat mencegah banjir tetapi masih banyak pohon yang ditebang secara liar.           Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang pohon, ada baiknya kita pahami pengertian pohon. Menurut batasan yang umum, pohon adalah tumbuhan yang batangnya berkayu dan bercabang. Batang pohon utama berdiri dan berukuran lebih besar disbanding cabang-cabangnya. Menurut ecologist, orang yang ahli dibidang ekologi definisi pohon adalah suatu organism dari komponen ekosistem yang berinteraksi satu dengan lainnya, serta mampu beradaptasi dengan lingku...

KIAT MENINGKATKAN IBADAH

 Bimbingan konseling bertujuan untuk membentuk karakteristik yang kuat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi individu. Salah satu modal dasar dalam pembentukan karakteristik tersebut adalah melaksanakan ibadah secara rutin. Oleh sebab itu, perlu pembahasan "Kiat Meningkatkan Ibadah" untuk menambah masukan kepada peserta didik agar memiliki kekuatan dan peningkatan dalam beribadah. Sehingga peserta didik memiliki keimanan dan berpikir rasional dalam menyelesaikan masalahnya. Dwi Prasetyo Rini (6 Desember 2018) dalam tulisannya di Blogger menjelaskan 5 Upaya agar ibadah semakin berkualitas, yaitu : 1. Ibadah dengan Kesadaran Ibadah dengan kesadaran mengandung maksud, bahwa ibadah yang dilaksanakan tidak ada unsur paksaan, dan juga bisa berarti bahwa dalam melaksanakan ibadah tahu dan paham terhadap apa yang dilaksanakan. Orang yang mabuk sedang tidak sadar, maka apapun yang dilaksanakannya diluar kontrol akal pikiran 2. Ibadah dengan kecintaan Beribadah tanpa kerind...

“BEGINILAH KAMI JIKA SUDAH BERMIMPI” Karya : Alifia Qutrunnada

SELALU KURINDU Aku diam termangu… Ingatanku kembali ke masa itu… Tiba-tiba saja aku merindu… Tahukah kamu? Dahulu setiap pagi ku mematut diri… Betah bertatapkan cermin… Hanya untuk sekedar menyusuri lorong sunyi sepi… Dengan semangat menyeruak… Bak pengembara menginginkan cakrawala…                                                 Apalagi yang dapat terucap… Hanyalah ucapan terima kasihku… Dan kerinduan yang diantar oleh denyut waktu… Untukmu wahai sang penebar ilmu… Setiap orang pasti memiliki impian dan harapan yang berbeda-beda.Coba kalian bayangkan apa jadinya bila seseorang tidak pernah memiliki sebuah impian atau harapan Dimana ada harapan, impian akan menjadi kenyataan.Harapan bukanlah impian, tetapi sebuah jala...